4 Langkah Cara Perawatan Genset Yang Baik Dan Benar Agar Tidak Rusak

Bagaimanakah cara perawatan genset yang tepat? Genset merupakan singkatan dari generator set, sebuah perangkat yang seringkali digunakan dalam industri sebagai sumber tenaga. Selain itu, dalam kondisi darurat, pertokoan bahkan dalam rumah tangga sekalipun sering menggunakan alat ini agar listrik tetap menyala.

Nah, karena genset memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, tidak berlebihan jika melakukan perawatan sangat penting untuk dilakukan. Bagi Anda pemilik genset, pastikan untuk melakukan hal-hal penting di bawah ini untuk memastikan genset Anda selalu dalam kondisi prima. Apa sajakah?

Memeriksa Setiap Komponen Genset

Beberapa bulan sekali, luangkan waktu Anda untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada genset Anda. Beberapa bagian yang tidak boleh terlupakan adalah bagian bahan bakar, kabel-kabel, aki, dan sistem pembuangan. Khususnya pada bagian bahan bakar dan sistem pembuangan, kotoran yang menumpuk seringkali menyumbat aliran. Jika dibiarkan, genset Anda bisa mati mendadak atau tidak bisa dinyalakan.

Sementara itu, kotoran pada bagian kabel dan aki bisa saja mengakibatkan konsleting apabila dibiarkan terlalu lama. Anda tidak punya waktu untuk melakukan pemeriksaan sendiri? Anda bisa meminta tolong tukang servis aki untuk melakukannya.

Membersihkan Genset Sebelum dan Sesudah Pemakaian

Berikutnya, pastikan untuk membersihkan genset sebelum dan sesudah pemakaian. Selain pemeriksaan berkala, kegiatan membersihkan genset juga perlu dilakukan secara rutin.

Sebelum menggunakan genset, bersihkan terlebih dahulu untuk mencegah matinya mesin sebelum penggunaan selesai. Sementara itu, membersihkan genset sesudah pemakaian adalah untuk mencegah timbulnya karat atau jamur, khususnya apabila genset tidak sengaja terkena air. Bahkan debu yang menempel di bagian luar bisa masuk ke dalam mesin dan mengganggu kinerja genset di kemudian hari.

Memanaskan Genset Secara Rutin

Sebelum digunakan secara penuh, mesin genset perlu pemanasan yang cukup. Setelah panas, maka genset dapat bekerja lebih optimal bahkan untuk durasi yang lama. Selain itu, pemanasan juga sangat penting untuk mencegah berbagai masalah yang mungkin terjadi selama pemakaian.

Cara pemanasan yang tepat adalah dengan menyalakan genset dalam mode beban ringan selama beberapa menit. Matikan sejenak untuk mengecek kembali genset secara menyeluruh. Setelah itu, baru Anda bisa menyalakan genset secara penuh untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Simpan Genset di Tempat Kering

Setelah selesai menggunakan dan melakukan perawatan, Anda harus menempatkan genset Anda di tempat yang kering dan tidak lembab. Area yang basah dan lembab cenderung menyebabkan karat. Karat, apalagi yang ada di bagian dalam mesin akan menyebabkan mesin cepat rusak atau tidak berfungsi maksimal. Apalagi jika karat ada di bagian yang mengandung listrik, hal ini bisa sangat berbahaya karena menyebabkan konsleting.

Nah, demikianlah cara perawatan genset yang tepat. Tidak kalah penting, pastikan untuk menggunakan genset Anda sesuai petunjuk yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like