Apa Itu Kuliah Online Terakreditasi? Berikut Daftar Kampus Kuliah Online di Indonesia

Hingga detik ini, berbagai inovasi di dunia pendidikan terus dilakukan untuk mencapai tujuan, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga mampu menghasilkan generasi penerus yang kompeten dibidangnya. Oleh karena itu, dalam dunia perkuliahan mulai dibuka program kelas online, kuliah online terakreditasi untuk memudahkan mahasiswa belajar ditengah kesibukan mereka.   

Pengertian Kuliah Online

Apa yang dimaksud dengan kuliah online? Yaitu jenis perkuliahan yang menyediakan program-program pendidikan tinggi yang diselenggarakan secara daring atau online. Artinya mahasiswa dapat mengikuti kelas, mengakses materi pelajaran, mengerjakan tugas dimana saja selama memiliki akses internet. 

Daftar kuliah online juga menawarkan program yang kurang lebih sama dengan kuliah konvensional, seperti program sarjana strata S1, pascasarjana dan diploma. Beberapa hal yang membedakan antara kuliah online dan kuliah konvensional adalah cara penyajian materi. Jika biasanya di kuliah konvensional atau offline materi disampaikan secara langsung di dalam kelas (bertatap muka), di kuliah online materi pelajaran disajikan melalui naskah atau video yang dapat diunduh oleh mahasiswa. 

Meskipun kuliah dilakukan secara online, dosen dan mahasiswa tetap dapat berinteraksi melalui diskusi online. Sedangkan, untuk tugas dikumpulkan serta dikoreksi secara elektronik menggunakan aplikasi atau platform yang telah disediakan pihak kampus. 

Kuliah online terakreditasi ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan pendidikan tinggi tanpa perlu keluar rumah atau meninggalkan pekerjaannya saat ini. 

Daftar Kampus Kuliah Online Terakreditasi di Indonesia

Berikut ini daftar kampus di Indonesia yang menyediakan program kuliah online:

  1. Universitas Indonesia

Kuliah online UI adalah salah satu program credit earning yang memungkinkan mahasiswa untuk mengambil satu atau lebih mata kuliah secara daring. Selanjutnya, mereka akan memperoleh transkrip setelah memenuhi evaluasi hasil pembelajaran dan telah dinyatakan lulus mata kuliah tersebut.

  1. Institut Teknologi bandung

Kuliah online ITB mencakup kegiatan pembelajaran, kuis online, wadah repository, interaksi belajar sinkronus dan asinkronus. Disamping itu, Kuliah online terakreditasi ITB juga menyediakan studio e-learning untuk mahasiswa mengembangkan konten storyboard dan multimedia sampai fasilitas produksi konten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like