Keuntungan Mengambil Mata Kuliah Data Science yang Jarang Orang Tahu

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini, menjadikan daya tarik orang – orang dengan mata kuliah data science semakin tinggi. Ini tentu merupakan hal wajar, dikarenakan jurusan kuliah tersebut menawarkan banyak keuntungan di dalamnya. Penasaran apa saja keuntungan mengambil jurusan tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Apa saja keuntungan mengambil jurusan kuliah data science?

Penting untuk Anda ketahui, bahwa data science umumnya bukanlah merupakan ilmu mandiri. Pasalnya, data science ini hadir dengan menggabungkan beberapa bidang tertentu seperti halnya matematika, ilmu komputer, strategi bisnis sampai dengan statistika di dalamnya. Adapun di dalam data science juga terdapat tiga komponen utama seperti organizing, packaging dan delivering.

Untuk Anda yang mungkin berencana mengambil jurusan kuliah data science, tentunya tidak akan merasa dirugikan. Sebab, jurusan kuliah ini hadir dengan menawarkan banyak sekali keuntungan bagi seseorang diantaranya yakni sebagai berikut. 

  1. Sebagai ajang kompetisi di era digital

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa kehadiran internet yang terjadi di tahun 2005 silam dengan pengguna lebih dari 1 miliar, turut mendukung kemunculan era digital dan big data. Oleh karena itulah, tidak mengherankan jika big data turut menjadikan data science sebagai kunci penting di era digital seperti sekarang ini. 

Yang mana, penggunaannya dapat memudahkan pengolahan data untuk berbagai keperluan bisnis. Ketika seseorang mengambil jurusan data science, tentunya bisa dijadikan sebagai ajang kompetisi menarik bagi seseorang di era digital seperti sekarang ini. 

  1. Menawarkan jenjang karir menjanjikan

Keuntungan lain dari mengambil mata kuliah data science, yaitu Anda akan memperoleh jenjang karir yang pastinya menjanjikan, khususnya untuk jangka waktu 5 tahun mendatang. Saat ini, ada banyak sekali profesi menjanjikan yang bisa digeluti oleh seseorang dengan jurusan data science.

Beberapa di antaranya yakni seperti data scientist, data analyst, data engineer dan masih banyak lagi. Banyaknya profesi menjanjikan dengan gaji yang juga menggiurkan tersebut, tentunya sangat cocok untuk Anda jadikan bahan pertimbangan.

  1. Sebagai pedoman dalam penerapan strategi bisnis

Adapun keuntungan menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika mengambil kuliah data science, yaitu bisa dijadikan sebagai pedoman dalam penerapan bisnis. Yang mana, data ini bisa menjadi panduan kunci dalam membantu pengambilan keputusan strategis untuk perkembangan bisnis berikutnya.

Tentu saja, ini akan sangat berguna bagi para pebisnis dalam menjadikan bisnisnya dapat berkembang dan sukses di pasaran. Jadi tidak heran, jika jurusan kuliah ini begitu diminati oleh kalangan masyarakat, khususnya calon mahasiswa. 

Begitu banyaknya keuntungan yang ditawarkan tersebut, tentunya menjadikan Anda semakin yakin untuk mengambil mata kuliah data science, bukan? Meski demikian, pastikan agar jurusan yang diambil memang benar – benar sesuai dengan minat yang Anda miliki agar dalam menjalani proses pembelajarannya lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like