13 Jenis dan Grosir Sepatu Safety

Sepatu safety merupakan salah satu APD (Alat Pelindung Diri) yang harus dikenakan oleh para pekerja sebagai bagian dari K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) guna menghindari resiko kecelakaan pada saat bekerja dan saat berada di lingkungan kerja. Membeli grosir sepatu safety lebih menguntungkan, karena bisa hemat dan memperoleh harga yang murah jika membeli dalam jumlah yang banyak secara sekaligus. Bisa merupakan bagian dari seragam kerja. Berikut ini adalah kategori umum safety shoes tersebut.

Sepatu dengan Perlindungan Terhadap Benda Tajam (Puncture Resistant Boots)

Bisa menahan tusukan benda tajam dengan menempatkan plat anti tusukan di antara insole dan outsole. Guna melindungi kaki dari tusukan oleh benda tajam seperti paku atau bahan berbahaya lainnya yang bisa menembus sepatu.

Sepatu dengan Sol Anti Terjatuh (Slip Resistant Shoes)

Solnya berdaya cengkram lebih guna mencegah tergelincir di permukaan licin atau basah. 

Sepatu Anti Tumpahan (Chemical Resistant Boots)

Dirancang untuk melindungi kaki dari tumpahan bahan kimia berbahaya yang bisa merusak kulit atau menyebabkan luka bakar. 

Sepatu Safety Anti statis (ESD Shoes)

Dirancang guna mencegah penumpukan muatan listrik statis di tubuh, dan mengurangi risiko kejutan listrik statis pada lingkungan kerja yang sensitif seperti industri elektronik atau laboratorium.

Sepatu dengan Perlindungan Metatarsal (Metatarsal Boots)

Dilengkapi dengan tambahan perlindungan di bagian atas kaki (metatarsal guard) guna melindungi tulang metatarsal dari benda tumpul yang jatuh. Berguna di lingkungan kerja yang besar resiko cedera pada bagian pergelangan sampai jari kaki.

Sepatu Isolasi Listrik (Electrical Hazard Boots

Melindungi kaki dari kejutan listrik dengan mengisolasi tubuh pengguna dari sumber listrik yang bisa menyebabkan bahaya. Tepat digunakan di tempat yang resiko kontak dengan listriknya tinggi.

Sepatu Safety Baja (Steel toe Boots)

Dilengkapi dengan ujung baja yang menguatkan serta melindungi jari-jari kaki dari benda tumpul dan berat yang jatuh. Cocok digunakan di tempat kerja yang penuh dengan potensi bahaya seperti konstruksi, dan industri manufaktur, juga pertambangan.

Sepatu Safety Komposit (Composite toe Boots)

Mempergunakan material komposit seperti fiberglass atau plastik keras sebagai pengganti baja, sehingga lebih ringan serta tidak menghantarkan panas atau listrik.

Sepatu Tahan Api (Fire Resistant Boots)

Dirancang untuk melindungi kaki dari suhu tinggi dan api. Terbuat dari material tahan panas seperti kulit atau bahan sintetis khusus. Ideal digunakan di lingkungan kerja  beresiko kebakaran tinggi.

Sepatu Anti Getar (Anti Vibration Boots)

Guna mengurangi dampak getaran yang disebabkan oleh mesin atau peralatan berat, dan membantu melindungi kaki serta kaki dari kerusakan jangka panjang.

Sepatu Anti Lelah (Anti Fatigue Boots)

Didesain dengan teknologi khusus guna mengurangi kelelahan kaki dengan bantalan tambahan dan desain ergonomis guna meningkatkan kenyamanan. Tepat digunakan oleh pekerja yang harus berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama, guna mengurangi risiko cedera dan meningkatkan produktivitas.

Sepatu Anti Radiasi

Guna melindungi pekerja dari paparan radiasi.

Sepatu dengan Sistem Pencahayaan Darurat (Emergency Lighting Boots)

Dilengkapi dengan lampu darurat yang bisa diaktifkan secara manual atau otomatis dalam situasi darurat atau saat kondisi pencahayaan rendah. Membantu pekerja untuk melihat dengan jelas dan memungkinkan evakuasi yang aman dan cepat pada lingkungan kerja yang gelap.

Itulah beberapa sepatu safety. Bisa juga memiliki fungsi gabungan dan pastikan bila membeli grosir sepatu safety memiliki kualias yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like