8 (Delapan) Faktor Penentu Harga Generator

Fungsi generator set sebagai cadangan pemasok arus listrik sangat dibutuhkan di area yang belum teraliri pasokan listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) atau ketika terjadi kendala aliran listrik dari PLN. Terdapat berbagai jenis genset, dengan varian harganya. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan mempengaruhi harga generator set tersebut.

Daya Output Generator

Semakin besar daya output atau kapasitas generator, maka akan semakin tinggi harga nya. Kapasitas atau daya output generator tersebut biasanya tertulis di bagian badan mesin, dan dinyatakan dalam satuan ukur kilovolt ampere (kVa) atau kilowatt (kW).

Jenis Bahan Bakar Generator

Generator dapat menggunakan bahan bakar seperti bensin, atau solar diesel, atau gas, atau energi terbarukan seperti tenaga surya atau angin. Jenis bahan bakar tersebut akan mempengaruhi harga beli serta biaya operasionalnya, termasuk biaya perawatan dan juga biaya pergantian suku cadangnya. Sehingga selain unsur kemudahan dalam mendapatkan bahan bakar maka pertimbangkan juga beberapa unsur tersebut di atas sebelumnya.

Merk dan Kualitas

Biasanya merk terkenal bisa diandalkan dan memiliki kualitas yang terjamin. Dalam hal ini seperti kualitas bahan baku mesin generator set nya, hingga tingkat persisi cetakannya dan ukurannya, serta daya tahan usia pakainya atau tingkat keawetannya hingga kemudahan mendapatkan suku cadang, garansi dan juga layanan purna jualnya. Tak heran jika harganya pun lebih tinggi. Meski bisa saja ada merk yang belum terkenal namun memiliki kualitas yang sama. Hal ini karena guna membangun merk maka akan memerlukan biaya promosi yang cukup besar dan akan dibebankan kepada konsumen dalam bentuk harga jualnya. Perhatikan juga dengan panjangnya masa garansi. 

Kapasitas Tangki

Kapasitas tangki bahan bakar juga mempengaruhi harga generator. Tangki yang lebih besar biasanya akan menambah biaya.

Jenis Generator dan Tingkat Kebisingan 

Generator dengan tingkat kebisingan yang rendah pada umumnya lebih mahal harganya karena memerlukan teknologi peredam suara yang lebih canggih. Generator ini disebut sebagai genset silent, yang telah dilengkapi dengan cangkang atau rumah genset peredam suara. Sedangkan genset tanpa peredam bunyi disebut sebagai jenis genset open. Kemudian adapula genset jenis portable dengan bentuk yang lebih ringkas dan telah dilengkapi dengan roda sehingga mudah dipindah-pindahkan. Harga jenis genset ini adalah yang tertinggi untuk kapasitas dan merk yang sama.

Fitur Tambahan Generator

Adanya fitur tambahan juga akan menambah harga generator set. Beberapa fitur tambahan yang biasanya ada pada generator set itu seperti fitur otomatisasi, atau fitur sistem pemantauan, juga perlindungan tambahan yang dapat meningkatkan harga generator.

Tingkat Efisiensi Energi Generator

Mesin generator yang mampu bekerja dengan lebih efisien secara energi maka akan memiliki harga yang lebih tinggi karena bisa menghemat biaya operasional dalam jangka panjang.

Lokasi Tempat Pembelian

Tempat membeli generator set juga turut mempengaruhi besaran harga beli totalnya. Harga jual genset di kota besar bisa jadi lebih murah jika dibandingkan dengan harga jual genset di daerah terpencil dengan adanya biaya transportasi dan biaya layanan sebagai tambahannya.

Itulah beberapa hal yang akan mempengaruhi harga generator set.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like