3 Keunggulan Utama Penggunaan Pipa Besi Seamless Dalam Industri

Pipa besi seamless sering pula disebut sebagai pipa tanpa kelim atau sambungan. Kebalikannya adalah pipa welded yang merupakan pipa yang diproduksi dengan cara menyambungkan beberapa bagian kecil sehingga terbentuk pipa dengan ukuran yang lebih panjang. Jika dibandingkan diantara keduanya, pipa besi seamless memang memiliki ketahanan yang lebih baik daripada pipa welded. Hal ini masuk akal karena sambungan pada pipa welded cenderung lebih rentan terhadap kerusakan apabila ada tekanan.

pipa besi seamless lebih disarankan pada berbagai jenis industri seperti industri farmasi, pabrik bahan-bahan kimia, pertambangan, hingga pembangkit listrik. Nah, apakah Anda tertarik untuk mengetahui lebih jelas tentang jenis pipa yang satu ini? Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari pipa besi seamless.

Tahan Terhadap Tekanan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pipa besi seamless lebih tahan terhadap tekanan. Hal ini karena secara umum, bagian-bagian sambungan cenderung lebih lemah apabila terkena tekanan yang kuat dan terus-menerus. Akibatnya, bagian tersebut akan mudah retak dan menimbulkan kebocoran. Apabila pipa tersebut digunakan untuk aliran zat beracun, tentunya hal ini akan sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar.

Tahan Karat

Jika Anda perhatikan, sebagian besar karat pada material besi muncul pertama kali pada bagian sambungan. Mengapa? Karena celah-celah sempit pada bagian sambungan memungkinkan air atau cairan lainnya untuk ada di dalamnya dalam waktu lebih lama. Oleh sebab itu, pipa besi seamless menjadi tahan terhadap karat akibat hal ini. Tentu saja, menjadikan pipa jenis ini lebih aman digunakan. Perlu diketahui bahwa proses pengaratan atau korosi merupakan suatu proses yang melibatkan proses kimia. Sehingga, adanya karat bisa merusak bahan-bahan industri yang mengalir di dalam pipa.

Tampilan Lebih Menarik

Bagi sebagian orang, masalah estetika sangat penting bahkan untuk material industri sekalipun. Dengan pipa besi seamless, tampilan lingkungan industri yang lebih menarik bisa dihadirkan. Tidak bisa dipungkiri, biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pipa besi seamless memang lebih mahal. Akan tetapi, untuk semua kelebihan yang didapatkan dibandingkan dengan jenis pipa lainnya, hal tersebut tentunya bukan masalah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like