Cara Paling Tepat Membersihkan Waffle Machine Agar Tidak Mudah Rusak

Akhir-akhir ini sedang marak jajanan yang dijual di pasaran sah satunya waffle, jajanan ringan satu ini bisa Anda nikmati dengan berbagai jenis topping. Bila Anda malas untuk mengantri, maka bisa memanggangnya sendiri tanpa harus menunggu antrian lama. Anda dapat membuatnya menggunakan waffle machine yang mudah dan praktis. 

Waffle Machine Maker Lebih Awet dan Tahan Lama

Pada umumnya setelah menggunakan mesin waffle akan ada beberapa yang harus benar-benar dilakukan agar mesin waffle tersebut bisa awet dan juga dapat dipakai dengan jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah cara paling tepat membersihkan waffle machine secara baik dan benar:

1.Mencabutnya dari colokan listrik

Langkah paling awal yang dapat Anda lakukan dan sangat diperhatikan adalah mencabut mesin waffle yang Anda miliki dari colokan. Usahakan mesin tersebut benar-benar dalam keadaan yang dingin. Pada umumnya mesin yang baru selesai dipakai akan terasa lebih panas dan jika langsung dibersihkan bisa saja ada kerusakan pada komponennya. 

  1. Bersihkan sisa adonan

Setelah Anda selesai memakai waring waffle machine biasanya akan terdapat sisa-sisa adonan yang menempel di sekitar mesin tersebut. Anda wajib untuk menghilangkan sisa adonan yang menempel pada mesin tersebut. Menghilangkan sisa adonan ini bisa menggunakan berbagai macam benda seperti, sikat yang mempunyai bulu halus maupun spatula

Bila Anda menemukan sisa adonan yang sulit untuk dibersihkan, tidak akan ada salahnya menghilangkan dengan diberikan sedikit minyak sayur pada mesin waffle tersebut agar dapat lebih mempermudah proses pembersihannya. 

  1. Bersihkan di bagian permukaan wajan

Ketika minyak sudah dihilangkan dan juga sisa makanan yang masih menempel di permukaan, maka bersihkan permukaan waffle machine yang Anda miliki dengan spons basah maupun lap dan juga sabun cuci piring. Jika alat pembuat waffle Anda dilapisi dengan lapisan antilengket jangan menggunakan sabun cuci piring karena bisa merusak bagian permukaan memasak yang bertekstur halus. 

Sebagai gantinya, gunakan air hangat dan berhati-hati untuk tidak memakai sabun cuci piring serta air yang berlebihan supaya tidak merusak mesin maupun komponen listriknya terkena air. Hal ini akan menimbulkan resiko tersengat listrik karena komponen listrik di dalamnya terkena air saat mesin dicolok ke listrik kembali.

Untuk mesin waffle yang memakai pelet yang bisa dilepaskan, maka Anda tinggal mengeluarkan dan meletakkan di wastafel maupun wadah yang sudah di isi air hangat. Cuci dengan perlahan dan lembut memakai spons maupun sikat yang bertekstur lembut. Harus selalu diingat bila permukaan anti lengket jangan memakai sabun. 

Pastikan jika seluruh bagian yang dapat dilepas benar-benar sudah kering sebelum nantinya dimasukkan ke dalam mesin wastafel kembali. Anda mungkin harus melakukan beberapa kali agar bisa membersihkan bagian permukaan dengan baik tetapi jika seluruh makanan sudah dikeluarkan tidak akan memakan waktu yang lama. Ketika bagian dalam mesin sudah dibersihkan, maka segera bersihkan bagian luar dengan menggunakan lap basah atau spons. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *